Segera Buka Seleksi Panwascam

logo-panwasWONOSOBO – Panitia Pengawas Pemilu Kabupaten (Panwaskab) Wonosobo resmi dilantik. Tiga Panwaskab tersebut meliputi Eko Fifin Haryanti, Nasir Salasa dan Sumali Ibnu Chamid. Proses pelantikan berlangsung 25 Agustus 2017 di MG Setos Semarang oleh Ketua Bawaslu Jawa Tengah Juhana dan disaksikan oleh Anggota Bawaslu Jateng Teguh Purnomo dan Sekretaris Bawaslu Kartini Tjandra.

Usai pelantikan ketiga komisioner Panwaskab Wonosobo langsung merumuskan program kerja. Di antaranya dengan membentuk struktur dan melakukan berbagai program serta menyusun strategi pengawasan Tahapan Pemilihan Gubernur Jateng 2018.

Struktur yang sudah dirumuskan di antaranya memutuskan Eko Fifin Haryanti sebagai Ketua sekaligus Divisi Penindakan, Kemudian Sumali Ibnu Chamid sebagai Anggota sekaligus Divisi Pencegahan dan Hubungan Antar Lembaga, sedangkan Nasir Salasa sebagai Anggota sekaligus Divisi Sumber Daya Manusia (SDM).

Eko Fifin Haryanti menuturkan , setelah dilantik Panwaskab Wonosobo langsung menyusun berbagai program. Di antaranya melengkapi struktur kesekretariatan sebagai bagian penting dalam manajemen kerja Panwaskab Wonosobo.

“Sesuai aturan, kita akan usulkan dulu Kepala Kesekeretarian dan Bendahara, selain itu pada pekan ini akan mengisi berbagai staf sesuai kebutuhan,”ujarnya.

Sumali Ibnu Chamid Divisi Pencegahan dan Hubungan Antar Lembaga menambahkan, Panwaskab Wonosobo sesuai perintah Bawaslu Jateng harus tancap gas, karena pada awal September ini harus langsung melakukan rekruitmen Panitia Pengawas Kecamatan (Panwascam).

“Tahapan pengumuman, pendaftaran hingga proses seleksi tengah kami susun, sesuai jadwal pada 30 Agustus ini pengumuman sudah kami sampaikan ke publik,”katanya.

Untuk itu, kata Sumali, usai pelantikan, Panwaskab Wonosobo akan segera menggelar rapat pleno menyangkut tahapan rekruitmen Panwascam. Untuk mendongkrak partisipasi masyarakat terlibat sebagai Panwascam, sosialisasi akan dilakukan melalui berbagai media. Di antaranya radio, publikasi poster hingga melalui dunia maya.

“Kami berharap masyarakat yang memiliki kepedulian terhadap terwujudnya pemilu yang adil, bermartabat dan berintegritas segera mempersiapkan diri untuk masuk sebagai Panwascam,”katanya

Untuk syarat mendaftar sebagai Panwascam, lanjut Sumali, dalam waktu dekat akan disampaikan ke publik. Dia berharap anak anak muda yang memiliki visi dalam menciptakan Pemilu yang berkualitas bisa bersiap dan ikut dalam proses seleksi.

“Untuk detail syaratnya , akan segera diumumkan ke publik,”katanya.

Nasir Salasa Divisi SDM menyebutkan, tahapan seleksi Panwascam sesuai ketentuan sudah diatur, selain memenuhi syarat administrasi, diantaranya peserta harus lulus dalam tahap tes tertulis dan tes wawancara.

“mekanisme dan kalender tahapan seleksi akhir Agustus ini kami publikasikan,”ujarnya. (*)

Iklan